Tympanometry

Posted: November 17, 2010 in artikel, INFO, Tunarungu
Tags:
Tympanometry adalah pemeriksaan obyektif yang digunakan untuk mengetahui kondisi telinga tengah dan mobilitas gendang telinga (tympanic membrane) dan tulang-tulang pendengaran di telinga tengah, dengan memberikan tekanan udara yang berbeda di liang telinga. TympanometryTes diberikan dengan memasukkan sebuah alat pada liang telinga yang akan merubah tekanan didalam telinga, memberikan nada murni, dan mengukur respon gendang telinga terhadap suara dan perbedaan tekanan. 

Hasilnya akan ditunjukkan dalam bentuk kurva yang disebut: Tympanogram. Tympanogram tipe A dianggap normal, yang artinya tekanan normal di telinga tengah dengan mobilitas gendang telinga dan kondisi tulang-tulang yang normal. Tympanogram tipe B atau C mungkin menunjukkan cairan di telinga tengah, parut pada gendang telinga, kurangnya hubungan antara tulang-tulang pendengaran pada telinga tengah atau tumor pada telinga tengah.

Tympanometry sendiri bukanlah tes pendengaran tetapi komponen penting dari evaluasi audiometri. Pada beberapa kasus dapat memberikan petunjuk jenis gangguan pendengaran yang diderita.

Tympanometer (alat untuk melakukan tympanometry) seringkali meliputi tes-tes lain seperti Acoustic Reflex (AR), Reflex Decay dan Eustachian Tube Function (ETF).

Jika suara keras diberikan ke telinga, saraf yang melalui telinga tengah dan berhubungan dengan tulang-tulang pendengaran di telinga tengah akan berkontraksi dan rangkaian tulang-tulang telinga tengah menjadi kaku. Tes reflek akustik dapat membantu untuk mengevaluasi tingkat ganguan pendengaran dan/atau mengetahui letak masalah pendengaran. Hal ini juga bagian dari proses identifikasi dari Central Auditory Processing Disorders (CAPD).

Reflex Decay menentukan untuk berapa lama Acoustic Reflex/Reflek Akustik berlangsung. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui jika ada gangguan saraf pendengaran.

Eustachian Tube/Tuba Eusthasius menghubungkan telinga tengah dan tenggorokan yang mempunyai tujuan menyeimbangkan tekanan udara ditelinga tengah dan luar serta merupakan ventilasi pada telinga tengah. Tes ETF/Fungsi Tuba Eusthasius dapat digunakan untuk mengetahui jika fungsi tuba eusthasius normal.

sumber : ABDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s