Solusi Pendengaran Anak-anak

Posted: November 17, 2010 in ABD, artikel, INFO, Tunarungu
Tags:

Solusi

Pendengaran adalah indra yang sangat berharga bagi anak-anak. Dengan pendengaran, anak-anak mengembangkan bahasa dan kemampuan berkomunikasi, mengagumi suara dari dunia kita yang sibuk, belajar membaca, menikmati musik dan waspada terhadap bahaya.

Gangguan pendengaran tidak akan membuatnya berakhir jika amplifikasi diberikan secepatnya. Seringkali, dengan bergerak cepat dan memilih solusi teknologi yang tepat, maka suara termasuk pembicaraan dapat tetap diakses.

Penampilan anak-anak dengan gangguan pendengaran sekarang ini terlihat gembira dengan banyaknya pilihan.

Teknologi

Kini, sebenarnya tidak ada gangguan pendengaran yang tidak mendapat manfaat dari penggunaan teknologi yang tepat. Setelah diagnosa gangguan pendengaran yang jelas, teknologi yang tepat seharusnya dipilih secepatnya untuk memastikan bahwa anak anda mendapat manfaat secepatnya dari pengalaman mendengar.

Alat bantu dengar memberikannya dengan mengamplifikasi suara dan dapat membantu anak di semua usia.Pemilihan alat bantu dengar yang tepat dapat membantu anak anda mengembangkan ketrampilan berkomunikasinya dengan baik.

Alat bantu dengan belakang telinga
Alat bantu dengan belakang telinga (BTE) – dalam berbagai pilihan warna
Seorang anak kecil biasanya difitting dengan alat bantu dengar belakang telinga (BTE). Alat bantu dengar ini tersedia dalam berbagai warna ceria dan cerah dan dapat membantu gangguan pendengaran yang luas , ringan, sedang dan sangat berat..
Alat bantu dengar dalam telinga (ITE)
Anak yang lebih besar mungkin bisa menggunakan alat bantu dengar dalam telinga (ITE) yang dibuat khusus agar pas didalam telinga dan membantu gangguan pendengaran dari ringan sampai sedang.Keputusan apakah anak anda seharusnya menggunakan satu atau dua alat bantu dengar terutama sekali tergantung pada konfigurasi gangguan pendengarannya. Akan tetapi, jika gangguan pendengaran pada kedua telinga, menggunakan dua alat bantu dengar membantu untuk melokalisasi suara dan mendengar lebih baik, bahkan dalam suasana bising. 

Alat bantu dengar dalam telinga

Ada beberapa faktor untuk dipertimbangkan ketika memilih alat bantu dengar. Untuk hal ini profesional dalam masalah pendengaran yang berpengalaman dapat membantu memutuskan teknologi dan model apa yang paling tepat untuk anak anda.

Petunjuk Praktis and Tip

Ada banyak pelayanan untuk anak dan keluarga anda. Pelayanan-pelayanan ini dibuat untuk membantu anak-anak dengan gangguan pendengaran agar optimal dalam menggunakan pendengaran mereka. Dokter atau audiologis akan membantu anda membuat keputusan tentang strategi yang paling tepat untuk kebutuhan anak anda.

Di bawah ini beberapa tip sederhana untuk anda dan orang-orang disekeliling anak

  • Terlihat dan terdengar
    Ketika anda (atau orang lain) berbicara, pastikan bahwa anak anda dapat melihat wajah anda secara jelas. Setiap orang memakai ekspresi wajah untuk melengkapi komunikasi dan gerak bibir ketika kita bicara juga merupakan tanda, bahkan tanpa latihan membaca gerak bibir secara formal. Oleh karena itu, orang dengan gangguan pendengaran dapat memanfaatkan gambaran yang jelas dari orang yang berbicara. Cobalah untuk tidak menyembunyikan bibir anda atau berpaling ketika berbicara karena akan mencegah anak anda memanfaatkan informasi yang berguna ini.
  • Terlibatlah
    Profesional ada untuk membantu anda. Bersama dengan anda sebagai tim yang bertujuan untuk menemukan apa yang terbaik untuk anak. Beberapa pendapat mungkin berbeda, ada keterbatasan setiap orang untuk menjawab. Terlibatlah dengan proses dan mempertimbangkan semua saran dan informasi yang anda terima untuk mendapatkan keputusan terbaik bagi anda, keluarga dan anak anda.
  • Berbagi kesuksesan
    Anak anda dan keluarga dapat memanfaatkan pengalaman keluarga lain yang mengalami situasi yang sama. Bisa berupa informasi tentang teknologi amplifikasi baru atau hanya masalah kecil yang berlaku untuk mereka. Jika anda bertemu dengan seseorang dengan anak yang melakukan sesuatu, anda ingin anak anda dapat melakukannya juga. Tanyakan mereka bagaimana melakukannya, sebagian besar keluarga dengan senang hati berbagi atas kesuksesannya.
  • Kebisingan Sangatlah sulit untuk mengerti di lingkungan yang bising. Hal ini nyata untuk setiap orang tapi dengan gangguan pendengaran maka lingkungan yang bising akan lebih menyulitkan. Cobalah, jika memungkinkan, mengurangi kebisingan ketika berbicara dengan anak anda dengan memilih tempat yang lebih tenang atau mengecilkan volume musik dll. Teknologi. Misalnya mikrophone directional atau FM. Sangat membantu pada situasi bising. Tanyakan kepada ahli masalah pendengaran anda tentang teknologi yang sesuai.

sumber : ABDI

Comments
  1. Tono says:

    kalau mau beli alat tarsebut di daerah malang di mana ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s