Pediatric Freefield

Posted: November 17, 2010 in artikel, INFO, Tunarungu
Tags:

Evaluasi audimetri untuk dewasa relatif lebih mudah karena sebagian besar mau menggunakan headphone dan mampu untuk merespon dengan benar jika ada suara yang terdengar. Juga evaluasi dari manfaat alat bantu dengar dapat dilakukan dengan menggunakan materi percakapan melalui loudspeaker.

Untuk anak-anak, dan terutama yang masih kecil, evaluasi audiometric dan manfaat alat bantu dengar lebih banyak tuntutannya.

Beberapa anak tidak mau memakai headphone ditelinga mereka. Satu-satunya jalan untuk melakukan evaluasi audiometri adalah dengan memberikan suara-suara melalui loudspeaker. Dengan tujuan untuk mendapat hasil yang benar lingkungan tempat diadakan tes harus dikalibrasi terlebih dahulu.

Satu lagi kesulitannya adalah untuk membuat anak tersebut merespon terhadap suara yang didengarnya. Hal ini dapat dicapai dengan menghubungkan suara-suara dengan sinyal visual seperti gambar-gambar berwarna dan lucu yang menarik perhatian anak-anak untuk melihatnya. Cara ini disebut “Visual Reinforcement Audiometry (VRA)” Setiap saat setelah suara diberikan, sebuah gambar akan mengikuti bebrapa menit kemudian. Setelah beberapa saat anak akan menyadari ¡°Jika ada suara kemudian akan ada gambar¡±. Sebenarnya anak tidak tertarik dengan dengan suara tetapi pada gambarnya. Ada suara yang terdengar membuat anak mencari gambar. Oleh karena itu, setiap reaksi pencarian suara berikutnya menandakan bahwa suara sebelumnya terdengar.

Untuk evaluasi manfaat alat bantu dengar, VRA dilakukan dua kali: pertama tanpa memakai alat dan kemudian dengan memakai alat. Perbedaan hasil antara keduanya merupakan kemajuan yang diberikan oleh alat bantu dengar.

VRA adalah satu bagian dari seluruh tes audiometri untuk anak-anak yang meliputi juga Tympanometry, OAE dan ABR.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s