Menerima

Posted: November 17, 2010 in ABD, artikel, Cochlear Implant, INFO, Tunarungu
Tags:

Anda tidak sendiri

Mengetahui bahwa anak anda mempunyai gangguan pendengaran memberikan banyak tantangan, tapi tetaplah berpikir bahwa anda tidak sendiri. Banyak orang tua sebelumnya yang telah mempunyai pengalaman seperti anda dan banyak sumber untuk membantu anda dan anak anda mengatasi tantangan ini.

Hal pertama yang harus diingat adalah anak anda hidup dimana teknologi dan dukungan menawarkan banyak pilihan. Anda mungkin akan mempunyai segala macam pertanyaan dan keputusan-keputusan yang mungkin kelihatannya sulit dan membingungkan pertama kalinya. Walaupun arah ke depan kelihatannya tidak jelas, setelah beberapa waktu anda akan mulai merasakan lebih percaya diri dan siap untuk belajar apa yang terjadi pada anak anda dan keluarga. Hal ini penting untuk meluangkan waktu mempelajari tentang apa yang tersedia dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang tepat. Banyak profesional yang ada untuk membantu anda membuat pilihan untuk anak anda.

Children Hearing Loss - Accepting Jangan takut untuk bertanya. Bertanya adalah langkah pertama untuk lebih memahami tentang kebutuhan khusus anak anda. Ketika seseorang menggunakan kata-kata yang anda tidak mengerti, tanyakanlah penjelasan tentang yang dimaksud.

Dengan cara ini anda akan mulai untuk mempelajari tentang bermacam-macam pilihan yang tersedia untuk anak anda. Anda mungkin juga menemukan profesional yang tidak selalu setuju atau penelitian tidak selalu memberi jawaban yang mudah. Semua hal diatas adalah penting untuk memberikan kenyamanan dan kepercayaan atas keputusan anda.

Anak anda datang terlebih dahulu. Gangguan pendengaran menyusul kemudian. Jika anda dapat tenang dan mengambil langkah positif, dalam waktu yang bersamaan, anak anda akan mendapat manfaat dan anda dapat melihat ke depan dengan penuh harapan.

Hal Yang Sering Ditanyakan

Ketika pertama kali anak anda didiagnosa mengalami ganguan pendengaran anda akan mempunyai beberapa pertanyaan.

Bertanya adalah baik sekali dan akan membantu anda mengerti tantangan-tantangan yang dihadapi anak anda.

Kadangkala pertanyaan tidak akan terpikirkan ketika anda bersama dokter atau professional lain yang anda temui. Dibawah ini beberapa pertanyaan yang mungkin akan anda tanyakan. Ingatlah bahwa banyak pertanyaan tergantung pada kebutuhan dan kemampuan anak anda.

  1. Apakah anakku akan dapat mendengarku?
    Hal ini tergantung pada derajat gangguan pendengarannya. Sekarang ini, hanya sedikit gangguan pendengaran yang tidak dapat dibantu dengan teknologi modern. Anak-anak dengan gangguan pendengaran, yang didukung dengan teknologi yang tepat, seringkali mampu untuk mendengar pembicaraan dan juga suara-suara lain di dunia yang sibuk ini.
  2. Akankah anakku berbicara denganku?
    Kemampuan berbicara tergantung kepada tingkat pendengaran anak anda. Banyak anak dengan gangguan pendengaran mengalami peningkatan dalam berbicara dan berbahasa ketika diberikan dukungan yang tepat. Yang paling penting adalah diketahuinya gangguan pendengaran secara dini dan tindakan intervensi yang tepat. Anak anda seharusnya dikenalkan dengan pembicaraan secepatnya.
  3. Mengapa anak saya mengalami gangguan pendengaran?
    Ada beberapa penyebab dan tipe gangguan pendengaran yang berbeda sebaiknya pertanyaan ini dijawab oleh dokter. Mengapa tidak mencatatnya untuk didiskusikan dengan dokter anda pada pertemuan selanjutnya? Sayangnya tidak selalu mungkin untuk menemukan penyebab tepat dari tipe-tipe gangguan pendengaran.
  4. Apakah audiogram itu?
    Audiogram diisi selama tes pendengaran dan mencatat ambang dengar pada frekwensi yang berbeda (misalnya nada suara rendah dan tinggi). Hal ini memungkinkan dokter / audiologis untuk mengetahui tingkat dan tipe gangguan pendengaran dan memberi saran pilihan penanganan yang tepat. Tes pendengaran secara teratur juga dianjurkan sehingga tingkat pendengaran dapat dimonitor setiap saat.
  5. Bagaimana penggolongan derajat gangguan pendengaran?
    Derajat ganguan pendengaran digolongkan dari ringan, sedang sampai sangat berat. Untuk setiap derajat ada pilihan penanganan dan teknologi yang tepat. Suatu tes pendengaran akan menunjukkan derajat gangguan pendengaran.
  6. Apakah earmold itu?
    Earmold dihubungkan ke alat bantu dengar dan langsung menyampaikan suara ke liang telinga. Bentuk telinga sama seperti sidik jari, berbeda untuk setiap orang. Oleh karena itu digunakan bahan lembut untuk membuat cetakan telinga dan dari sinilah earmold secara individual dibuat. Earmold dibuat berdasarkan pesanan agar sesuai/tepat, nyaman untuk memastikan suara yang masuk ke dalam telinga secara efektif.
  7. Teknologi apa yang tersedia untuk membantu anak saya dan bagaimana saya memutuskan apa yang paling tepat?
    Ada banyak pilihan teknologi yang tersedia. Ketika gangguan pendengaran didiagnosa, alat bantu dengarlah yang biasanya dipasang terlebih dahulu. Pilihan yang anda buat mengenai teknologi alat bantu dengar akan tergantung beberapa faktor. Tingkat pendengaran anak anda, kebutuhan anak anda dan tugas seluruh keluarga. Untungnya, anda tidak harus membuat semua pilihan ini sendiri. Ahli masalah pendengaran dapat memberi saran kepada anda dan ada banyak ahli professional lainnya yang dapat memberikan dukungan.
  8. Apakah alat Bantu Dengar dapat berhasil?
    Ya, alat bantu dengar telah berkembang pesat beberapa tahun ini dan memberikan banyak pilihan macam teknologi untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Anak kecil biasanya akan difitting dengan alat bantu dengar yang dipasang di belakang telinga (BTE). Pilihan alat bantu dengar yang tepat akan tergantung pada beberapa faktor termasuk tingkat pendengaran. Tujuan untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran adalah mengoptimalkan pendengaran untuk membantu belajar berbahasa.
  9. Apakah koklea implan itu?
    Koklea implan mungkin membantu beberapa anak dengan gangguan pendengaran sangat berat yang tidak mendapat manfaat dari alat bantu dengar atau FM sistem. Sebuah kawat berisi elektroda-elektroda yang ditanam dalam koklea (organ pendengaran) melalui operasi. Suara ditangkap oleh receiver yang tertanam di belakang telinga pada tulang mastoid. Receiver luar mengirim sinyal ke elektroda sehingga menimbulkan sensasi suara.

 

sumber : ABDI

Comments
  1. yaya says:

    kenapa alat bantu begitu mahal,bagaimana dengan orang yang tak mampu tapi mempunyai anak yg kurang pendengarannya?mohon minta solusinya.

    • davinbintang says:

      betul banget mba, ABD disini harganya sangat mahal sekali, itu karena disebabkan oleh pajaknya mba, secara ABD kan dikategorikan sebagai barang mewah, maka harganya menjadi selangiiiiiit… (menurutku, pemerintah harus merubah kebijakan ttg ABD agar tidak diklasifikasikan ke dalam kategori barang mewah kali yaaa…)

      solusi untuk orang yg tidak mampu tapi mempunyai anak yang kurang pendengarannya ? mungkin harus sering datang ke pertemuan2 para orang tua yang memiliki anak tunarungu secara berkala yang dikelola oleh lembaga swasta atau yayasan (non profit) … kadangkala mereka memberikan bantuan ABD berikut dengan terapinya … tapiiiii … tentu semua itu dilakukan survey terlebih dahulu apakah orang tsb layak diberikan bantuan atau tidak…

      sepanjang sepengetahuan saya beberapa yayasan yang memberikan bantuan diantaranya : Yayasan AKRAB (Aku bisa mendengar dan berbicara) dan Yayasan I-hear atau sering disebut Yayasan Indonesia Mendengar…

      untuk informasi lebih lanjut silahkan kirim email aja ya mba.. semoga informasi dari saya bisa membantu mba yaya… 🙂 terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s