KLINIK COCHLEAR IMPLANT

Posted: July 17, 2010 in artikel, Cochlear Implant, INFO, Tunarungu
Tags: , ,

Saat anak anda atau anda dapat mendengar, maka dunia akan terasa lebih kaya dan hidup. Belajar menjadi lebih mudah. Dengan mampu mendengar anda maupun anak anda akan dapat berkomunikasi dengan teman, keluarga, guru dan lainnya dengan mudah dan hal inilah yang memperkaya hidup kita. Untuk itu kenalilah masalah pendengaran sedini mungkin.

Terkadang pada mereka yang mengalami tuli syaraf berat hingga sangat berat, Alat Bantu Dengar Konvensional (hearing aid) tidak cukup membantu. Untuk itu RS. PANTAI INDAH KAPUK menghadirkan solusi terhadap masalah pendengaran anda dengan membuka Program Cochlear Implant.
Cochlear Implant tidak mengobati ketulian tetapi menawarkan alternatif untuk meningkatkan kualitas hidup dengan meningkatkan kemampuan mendengar. Cochlear Implant tidak memulihkan kemampuan mendengar secara alami, tetapi Cochlear Implant membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan kemampuan berbahasa melalui kemampuan mendengar yang lebih baik dari sebelumnya. Cochlear Implant dapat membantu anda atau anak anda, karena Cochlear Implant bekerja dengan cara yang berbeda dari Alat Bantu Dengar Konvensional. Dengan Cochlear Implant hidup tidak sunyi lagi.

Apa manfaat Cochlear Implant ?
Manfaat Cochlear Implant bagi seseorang akan bergantung pada berbagai faktor, antara lain berapa lama seseorang telah mengalami ketulian. Semakin lama seseorang menderita tuli maka semakin sedikit rangsangan mendengar yang diterima dan hal ini akan meningkatkan hambatan seseorang dalam memperoleh manfaat dari Cochlear Implant.

Pengenalan dini dan penanganan dini menjadi kunci keberhasilan dalam mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari Cochlear Implant, karena pada masa anak – anak seseorang akan lebih mudah untuk belajar mendengar dan berbahasa sesuai dengan perkembangan pendengaran pada anak.

Dari pengalamanan orang tua yang anaknya menggunakan Cochlear Implant, berbagai manfaat dapat diamati dan manfaat tersebut lebih banyak terkait dengan adanya kemampuan anak untuk menyadari suara – suara yang ada disekitar mereka.
Pada umumnya dalam 6 ( enam ) bulan pertama menggunakan Cochlear Implant, seorang anak akan mampu menanggapi bila mereka dipanggil dalam lingkungan yang tenang dan juga mengenali suara – suara yang ada dilingkungan mereka sehari – hari. Hampir semua pemakai Cochlear Implant mengalami peningkatan dalam kemampuan mendengar dan berkomunikasi beberapa tahun setelah menggunakan Cochlear Implant.

Siapakah yang cocok menggunakan Cochlear Implant ?

Cochlear Implant dapat dimanfaatkan oleh semua orang, mulai anak usia 12 bulan sampai orang dewasa.
Namun untuk menjadi kandidat Cochlear Implant, anda harus memenuhi kategori di bawah ini:


Anak usia 12 bulan s/d 17 tahun, yang mengalami tuli syaraf pada kedua telinganya.

Orang dewasa yang mengalami tuli syaraf berat hingga sangat berat pada kedua telinga, tetapi sebelumnya mereka sudah pernah mengenal suara atau bahasa (postlingual).

Mereka yang tidak mendapatkan manfaat nyata dari alat bantu dengar konvensional (hearing aid)

Tidak ada kontra indikasi medis

Memiliki kemauan/motivasi dan dukungan keluarga yang cukup.
Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai Cochlear Implant anda dapat menghubungi Klinik Cochlear Implant R.S Pantai Indah Kapuk, no telepon 5885175.

Tim Cochlear Implant kami akan membantu anda untuk memperoleh informasi tambahan yang diperlukan dan juga membantu anda menjalani evaluasi untuk mengkaji kelayakan sebagai calon pemakai Cochlear Implant.

Sebelum anda memutuskan, kami anjurkan anda untuk berbicara dengan orang – orang yang telah menggunakan Cochlear Implant atau dengan orang tua yang anak – anaknya menggunakan Cochlear Implant. Anda dapat menghubungi Yayasan Indonesia Mendengar, dengan Bp. Johnwei Muljono E-mail : jmuljono@mondex-corp.com, untuk mendengar dan bertanya mengenai pengalaman para orang tua dari anak – anak pengguna Cochlear Implant.

sumber :

http://www.pikhospital.co.id/klicoch.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s