school time… (^_^)

Posted: April 18, 2008 in pedoman, Tunarungu
Tags:

Si kecil sudah memasuki usia pra sekolah ? Dan pilihan anda jatuh kepada preschool umum (bukan khusus) ? Inilah kesempatan emas bagi anda untuk membangun team work yang baik antara anda, guru-guru dan seluruh staff sekolah. Sikap positif dan dukungan penuh dari anda akan berpengaruh pada kelanjutan pendidikan buah hati anda.

Yang harus anda lakukan adalah :

1. mintalah waktu kepada pihak guru untuk menerangkan tentang alat bantu dengar kepada murid-murid lain. Tunjukkan kepada mereka mikrofon dan baterainya. Ini akan merupakan hal baru bagi anak-anak lain, bahkan mungkin juga bagi guru dan sekolahnya. Anak-anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka akan tertarik untuk mengetahuinya. Anda harus melakukannya setiap tahun selama di preschool sampai dengan awal sekolah dasar.

2. Berkomunikasi secara intensif dengan guru, baik secara langsung, melalui telepon, email, atau dengan perjanjian. Ketahui jadwal dan kurikulum yang digunakan oleh setiap guru. Ulangi setiap pelajaran dan kosa kata baru di rumah, untuk meyakinkan anda bahwa si kecil sudah mengerti dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Tanyakan langsung pada gurunya, dan ini sangat penting.

3. Menjadi sukarelawan di dalam kelas. Dengan meluangkan waktu seminggu sekali, sehari atau bahkan setengah hari, menjadi tenaga sukarela di dalam kelas, anda akan tahu apakah anak anda dapat berkomunikasi dengan baik dengan gurunya, dan bermain dengan baik dengan anak-anak lain. Apabila ada yang salah anda dapat mengkoreksinya.

4. Pelajari lagu, puisi, doa atau permainan yang dipergunakan di sekolah. Ulangi setiap hari di rumah bersama dengan anak anda. Anak anda bukan hanya perlu berpartisipasi di sekolah dengan hafal teks lagu tapi juga perlu untuk mengerti arti dari teks tersebut. Nyanyikan bersama-sama. Buatlah menjadi kegiatan yang menyenangkan.

5. Mengerti aturan dari permainan dan kegiatan di sekolah, dan mengulanginya di rumah bersama-sama dengan anak anda. Ia perlu untuk bisa berpartisipasi dalam permainan dengan cara mengetahui kata-kata yang digunakan, dan mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan anak-anak lain ketika sedang bermain bersama.

Andalah yang menentukan keberhasilan anak anda di sekolah. Keterlibatan anda, sikap positif anda, dan komunikasi dengan guru-guru dan murid-murid lain merupakan sumbangan anda untuk pengalaman akademik anak anda.

Semoga bermanfaat.

By : Dion (Mama Menur) 11.04.2008

From : John Tracy Clinic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s