Bagaimana Gangguan Pendengaran Bisa Mempengaruhi Hidup Seorang Anak?

Posted: March 8, 2008 in artikel, INFO, pedoman, Tunarungu
Tags: ,

Anak-anak memiliki harapan, mimpi dan cita-cita.

Ketika mengetahui bahwa anak kita mengalami gangguan pendengaran, kebanyakan orang tua cemas dan putus asa. Seringkali hal ini terjadi karena mereka tidak mengetahui apakah itu atau harus berbuat apa.

Namun, dengan bantuan dari teman-teman dan keluarga, anak-anak dengan gangguan pendengaran akan mampu hidup aktif, penuh kegembiraan seperti orang lain. Gangguan pendengaran tidak membatasi pengembangan dan kemampuan seorang anak untuk berkomunikasi, hidup bermasyarakat dan belajar.

Tumbuh Dewasa

Kebanyakan orang berpikir bahwa masa kanak-kanak adalah masa yang paling indah dan terbaik dalam hidup. Namun, banyak juga anak-anak yang menganggap bahwa itu adalah masa yang sulit. Anak-anak yang sejak lahir mengalami gangguan pendengaan, masa kanak-kanak mereka akan lebih sulit dibanding anak-anak tanpa gangguan pendengaran.

Sebagai orangtua, banyak yang dapat dilakukan untuk membantu si anak. Gangguan pendengaran semestinya tidak membatasi kemampuan si anak untuk berkomunikasi, hidup bermasyarakat dan belajar. Alat bantu dengar yang ada sekarang jauh lebih baik dibanding bertahun-tahun yang lalu dan bahkan anak-anak dengan gangguan pendengaran yang sangat berat dapat memperoleh manfaat dengan menggunakan alat bantu dengar.

Setiap anak dengan atau tanpa gangguan pendengaran bersifat unik. Tantangan yang sangat besar di hadapan Anda, dan anda juga akan belajar bagaimana cara terbaik mendukung anak Anda. Jangan ragu-ragu untuk bertanya kepada guru, audiologists dan para profesional lain untuk informasi dan bantuan. Cinta, penerimaan dan dorongan untuk anak Anda, sangat besar artinya.

Berkomunikasi

Komunikasi adalah suatu bagian penting dalam hidup. Dengan berkomunikasi, kita berbagi informasi dengan orang lain, berbicara dan mendengarkan.
Anak-anak belajar berkomunikasi sejak saat mereka dilahirkan. Mereka mendengarkan dan mereka dapat mengenali suara orang tua mereka. Mereka juga belajar berbicara dengan meniru, bunyi-bunyi yang mereka mendengar. Anak-anak dengan gangguan pendengaran akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, karena mereka tidak bisa mendengar semua atau sebagian dari bunyi-bunyi di sekitarnya, termasuk suara mereka sendiri.

Seorang anak dengan gangguan pendengaran, pengembangan bahasanya akan sering kali tertunda. Bagaimanapun, anak-anak dengan dengan gangguan pendengaran mulai dari yang ringan, sedang dan berat, dapat belajar berkomunikasi sehingga cara bicaranya dapat dimengerti. Riset sudah menunjukkan bahwa bahkan anak-anak dengan gangguan pendengaran yang berat dapat belajar berbicara. Semakin cepat diketahui dan ditangani, akan semakin baik. Beruntunglah, anak-anak dengan gangguan pendengaran yang berat yang diketahui sejak awal karena tanda-tanda dari mereka mengalami gangguan pendengaran lebih nyata dibanding dengan gangguan pendengaran yang ringan. Anak-anak dengan gangguan pendengaran yang berat dapat juga belajar berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat.

Hidup Bermasyarakat

Hidup bermasyarakat dan memainkan satu peran adalah penting di dalam hidup kita. Dengan mengembangkan hubungan sosial yang baik, menjadikan kita mudah bergaul dan kita lebih menghargai dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Anak-anak mulai belajar bersosialisasi pada saat mereka kecil. Mereka terus melihat dan menirukan tindakan orang tua mereka, keluarga dan teman-teman. Ketika mereka lebih besar lagi, mereka bersosialisasi dengan bermain bersama-sama dengan anak-anak yang lain.

Anak-anak dengan gangguan pendengaran biasanya tidak mempunyai kesukaran dalam bersosialisasi. Kemampuan seorang anak untuk mengembangkan sosialisasi ini akan tergantung pada derajat tingkat gangguan pendengaran, usia dan waktu hasil diagnosa, protokol perawatan dan kepribadian.

Anak-anak berkembang dengan cara yang berbeda dan orang tua akan cemas bagaimana caranya membesarkan mereka secara benar. Sebagai orangtua dari anak dengan gangguan pendengaran, ini merupakan tantangan anda. Bagaimanapun, kebanyakan orang tua mengharapkan anaknya akan tumbuh sama dengan anak yang sama usianya tanpa gangguan pendengaran.

Banyak orang tua dari anak dengan gangguan pendengaran, sulit untuk tidak overprotective. Bagaimanapun, penting untuk mempersiapkan seorang anak dengan gangguan pendengaran menghadapi dunia nyata. Seorang anak dengan gangguan pendengaran harus disertakan dalam aktivitas sehari-hari dalam rumah tangga dan haruslah ditekankan bahwa anakmu adalah anggota keluarga di mana setiap orang mempunyai peran sendiri. Anak dengan gangguan pendengaran harus menjadi orang yang kuat, percaya kepada diri sendiri dan mandiri meskipun ada kekurangan mereka secara fisik.

Belajar

Pelajaran adalah satu proses yang berkelanjutan. Dari lahir, kita belajar dengan pengamatan dan menirukan orang tua kita, saudara dan teman-teman. Kemudian, ketika kita sekolah-sekolah, bekerja dan proses pelajaran berlanjut. Anak-anak dengan gangguan pendengaran mempunyai kemampuan yang sama untuk hidup produktif seperti anak-anak tanpa gangguan pendengaran. Satu-satunya perbedaan adalah mereka memerlukan tambahan untuk mendukung ketika belajar.

Anak-anak normal dapat mengambil semua jenis informasi sangat dengan mudah. Namun, seorang anak dengan gangguan pendengaran mungkin perlu untuk memiliki berbagai hal dengan lebih seksama menjelaskannya. Sebagai contoh, anda bisa menjelaskan kepada anak anda apa yang sedang Anda rencanakan hari ini, di mana Anda akan berbelanja, apa yang akan Anda beli, atau yang akan Anda kunjungi. Dengan menjelaskan situasi-situasi ini, anda dapat membantu anak Anda untuk lebih siap untuk hari ini.

Anak-anak dengan gangguan pendengaran memerlukan waktu lebih banyak untuk belajar kata-kata dan konsep-konsep baru. Bisa jadi dengan mudah mengajar mereka tentang suatu objek, tetapi mengajarkan berbagai hal abstrak akan memerlukan waktu lebih banyak lagi. Dan dapat menimbulkan kesalahpahaman dan kebingungan. Kadang-kadang mereka mengambil mengartikan suatu hal terlalu harfiah atau overgeneralize. Konsep waktu dapat sangat susah untuk dipahami, mungkin Anda harus menemukan cara yang berbeda untuk menjelaskan detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun kepada mereka.

Ketika anakmu bertemu dengan orang lain adalah penting untuk tidak menjadi interpreter atau memberi jawaban untuk mereka. Ketika menjelaskan informasi, cobalah untuk menggunakan kalimat-kalimat pendek dan jelas. Satu-satunya cara untuk mendorong mereka untuk mengembangkan bahasa lisan adalah membiasakan bicara dan jadilah contoh yang baik untuk anakmu.

Kesempatan Belajar

Contoh-contoh di bawah ini berguna untuk kesempatan belajar bagi anak anda :
• Cobalah untuk melibatkan anak Anda dalam pekerjaan-pekerjaan, seperti memperbaiki ban sepeda. Sebutkan bagian-bagian sepeda dan jelaskan fungsinya. Anda sebaiknya menjelaskan apa yang sedang Anda lakukan dan mengapa Anda harus menyelesaikan pekerjaan itu.

• Ketika sedang menyiapkan hidangan untuk makan, bicarakan tentang bahan-bahan yang dipakai dan asalnya dari mana. Anda dapat tunjukkan atau menggambarkan untuk membantu anak Anda mengerti hubungan telur dan ayam, tepung dan jagung dan daging yang berasal dari berbagai binatang.

• Bermain gambar juga sangat efektif untuk menjelaskan tentang suatu objek, konsep dan bahasa.

• Ketika Anda pergi berjalan kaki atau naik mobil, Anda dapat menunjukkan dan menjelaskan hal-hal yang Anda lihat ketika melewatinya.

• Sebelum berbelanja, ambil barang yang akan dibeli sesuai dengan daftar belanja. Gambar jika perlu. Biarkan anak Anda mencari barang-barang yang berbeda di rak.

• Menonton video bersama tentang acara anak-anak, binatang atau alam. Ketika Anda menonton bersama, pergunakan kesempatan untuk menjelaskan dan mendiskusikan yang anda tonton.

• Menjelang tidur, bacalah buku. Hal ini membantu mengembangkan bahasa dan menyediakan informasi dan meningkatkan minat anak Anda dalam membaca dan mencari informasi.

Bagaimana Anda Dapat Membantu Anak Anda

Anda dapat membantu dan mendukung anak Anda melalui berbagai cara. Cara terbaik dengan memberi kasih dan penerimaan. Cara penting yang lainnya adalah cara menghadapi anak Anda dengan benar.

Dewasa ini alat bantu dengar sudah berteknologi tinggi, terus menerus diperbaiki agar dapt menghasilkan mutu bunyi yang lebih baik, kenyamanan mendengarkan dan pemahaman cara orang bicara. Maka kebanyakan anak-anak dapat mengambil manfaat dengan menggunakan alat bantu dengar.

Comments
  1. serano says:

    ABD sangat membantu sekali bagi anak2 dengan gangguan dengar. CI bahkan lebih besar lagi hasilnya dan bagaikan itu sebuah miracle. Namun saya kira, dengan memasang ADB dan melakukan CI hanya memaksa anak2 dengan gangguan dengar untuk melakukan sesuatu yang tidak dapat mereka lakukan. memang itu sangat tergantung penanganan yang diberikan.

  2. serano says:

    Terima kasih banyak atas artikel yang sangat bermakna ini.
    salam,

  3. m irfan says:

    kalo gagguan pendengaran pada lasia, bisa mempengaruhi kehidupan sosialnya g?
    klo mempengaruhi apa penyebabnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s